Kondisi atau situasi yang mendorong saya ingin belajar :
- 1. Formal
Kondisi atau situasi yang membuat hati saya tergerak belajar yaitu
a. Sarana dan Prasarana yang mendukung
Bagi seorang siswa, sekolah adalah rumah kedua sehingga fasilitas ruang kelas yang lengkap dan baik sangat berpengaruh terhadap keinginan siswa untuk belajar misalnya meja dan kursi,papan tulis,penghapus,spidol yang baik.
Disamping itu ruang kelas akan menjadi nyaman untuk belajar apabila Full AC atau sirkulasi udara berjalan lancar dengan letak jendela di ruang kelas yang cukup.
b. Lingkungan sekolah
Seperti slogan yang wajib ada disetiap sekolah “Jagalah Kebersihan” tentunya lingkungan sekolah yang indah,bersih,tenang dan jauh dari keramaian akan mengundang minat siswa untuk belajar.
Semakin terpencil suatu sekolah akan semakin baik.
Disamping itu suasana kelas yang tenang dan damai bisa meningkatkan konsentrasi belajar untuk menyerap pelajaran lebih baik.
Letak ruang kelas yang jauh dari kantin sebab kelas yang berdekatan dengan kantin,akan mengundang pemikiran siswa ke kantin.
c. Guru dan teman
Guru dan teman sangat mempengaruhi keinginan belajar seorang siswa di dalam kelas karena guru dan siswa memiliki intensitas pertemuan yang cukup banyak.
Guru yang baik bisa menjadi “teman” belajar siswa.
Guru jangan memberi kesan kepada siswa “Guru lebih kejam dari pada ibu tiri” dengan memberikan PR yang tidak pernah putus.
Seorang guru menjadi orang tua siswa disekolah oleh karena itu guru tidak membuat siswa takut tetapi menjadi panutan bagi siswanya.
Guru juga tidak meremehkan siswa tetapi justru harus ekstra memotivasi belajar bagi siswanya.
Teman sekelas yang bisa diajak kerja sama dalam belajar sangat membantu seorang siswa mengalami masa sulit dalam belajar.
- 2. Nonformal
Menurut pengalaman saya,situasi atau kondisi yang mendorong saya ingin belajar yaitu :
a. Perkembangan IPTEK
Dimasa sekarang ini Ilmu pengetahuan dan teknologi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia.
IPTEK memudahkan kehidupan manusia.
Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mendorong siswa mau tidak mau harus menguasai teknologi.
Seorang siswa ga maw di cap gaptek (gagap teknologi) oleh karena itu perlu les untuk menguasai bahasa asing dan komputer.
Hal ini sangat berguna bagi diri sendiri dimasa mendatang.
b. Teman
Adanya pengaruh dan ajakan teman sehingga mendorong kita untuk mengikuti les/bimbingan di luar sekolah.
Teman yang baik bisa mengajak kita melakukan kegiatan positif yang berguna.
Keinginan untuk menjadi lebih baik atau tidak ingin kalah bersaing dalam hal positif menjadi acuan untuk belajar lebih ekstra.
c. Atmosfer lingkungan belajar
Atmosfer lingkungan belajar yang sangat mendukung memotivasi untuk lebih ekstra belajar.
Suasana yang tenang meningkatkan konsentrasi belajar yang tinggi.
Lingkungan belajar yang aman dan damai membuat betah dalam belajar.
- 3. Informal
Situasi yang membuat saya ingin belajar yaitu :
a. Orang tua
Orang tua memegang peranan utama dalam motivasi belajar siswa.
Orang tua yang mengerti,memahami dan memotivasi anaknya untuk belajar sehingga anak tersebut mengerti kondisinya sebagai seorang siswa demi masa depannya termotivasi untuk belajar.
b. Teman sepermainan
Teman sepermainan memberi pengaruh dalam motivasi belajar.
Teman yang bisa diajak belajar bersama bisa memberi dorongan motivasi untuk belajar.
c. Lingkungan yang bersahabat
Lingkungan masyarakat yang bersahabat memotivasi untuk belajar daripada mengerjakan hal yang tidak berguna.Suasana rumah yang tenang dan damai meningkatkan konsentrasi untuk belajar.